Rabu, Januari 14, 2009

Kolam lele...

          Kolam lele.. ya kolam lele.. waktu itu di HM ada kolam lele, kolam berukuran sekitar panjang 2 m x lebar 2 meter x tinggi 1 m itu milik (alm.)Pak kost, pak HM.Suharyoso. itulah kenapa kost2an di jl.janti no.54 HM itu dinamai kost HM. Karena pemiliknya adalah (alm) HM.Suharyoso. selain untuk menamai sebuah kost2an HM, juga untuk pembeda, karena di jl.janti juga ada rumah dgn no.54. Saya sempat salah alamat waktu pertama kali mencari kost2an yang dimaksud.
          Kembali ke kolam lele. Kolam lele yang terletak didekat ruang TV di HM itu merupakan tempat dimana pak kost menyegarkan pikiran sambil memberi makan ikan lele yg ada dikolam itu. Selain pak kost,kolam tersebut ternyata juga merupakan hiburan juga buat anak2 kost. Bukan apa2, ternyata diam2 kalo malam telah tiba, dan suasananya mendukung, ada juga anak kost yang punya hoby mancing,jadi tersalurkan bakatnya. Mungkin anak2 angkatan lama tahu siapa anakyg suka memancing tersebut. Yah seperti yang di acara TV saat ini, mancing mania.. setelah mendapatkan hasil buruannya, lele tersebut dikembalikan lagi ke kolam. Mungkin selain bisa puas merasakan ”strike” dari lele tersebut, agak repot juga kalau harus memasaknya :-). Makanya kenapa di kembalikan ke kolam lagi.
          Mungkin beberapa ikan lele yg melakukan ”strike” dikolam itu terheran2 juga.. kok dia dikembalikan lagi. Aneh, kegiatan ini mungkin sedikit bermutu, tapi dengan kadar yang sangat rendah, mungkin begitu pikir si lele. Yah.. namanya juga anak kost, kadang2 banyak gak jelasnya dari pada yang jelas.. hehehe..
         Setelah beberapa bulan, pagi itu tiba saatnya panen, pak Kost juga mengijinkan anak2 untuk sharing ikan lele. Anak2 kost merasa riang gembira, mereka bersemangat sekali memanennya. Hanya ditinggalkan beberapa ekor saja dikolam tersebut. Mungkin maksudnya supaya bisa berkembang biak lagi. Dengan penuh semangat beberapa anak membagi pekerjaan. Ada yg membersihkan lele, ada yang membikin bumbu, membuat sambel dan ada juga yang menggoreng.
          Hari sudah agak siang, anak2 lahap menyantap hasil panenan ikan lele. Ukurannya memang kebanyakan besar2.. karena mungkin agak telat panennya. Setelah kekenyangan, mungkin ada pihak lain yang merasa dirugikan karena sudah memasak hari itu. Sehingga masakannya jadi kurang laku. Maklumlah hal itu baru pertama kali dilakukan, jadi tidak ada pemberitahukan kepada pihak yang terkait. Tetapi setelah saat itu, kemudian menjadi pelajaran yang berarti, bahwa jika ingin mengadakan pesta, harus memberi tahukan dulu ke pihak yang terkait.
       Kenyang sudah hari itu. Entah kenyang puas atau yang lain. Maklum ukuran lele rata2 jumbo. Hiii..
       Hari telah berlalu, berhari2 bahkan berbulan2.. kolam itu mulai terabaikan. Mungkin karena kesibukan atau entah apa, ikan2 lele yang tadinya terawat jd agak terlupakan. Rupanya ikan2 tersebut tidak berkembang biak menjadi banyak, mungkin karena tidak terawat atau mungkin lelenya pria semua, atau sebaliknya. Jd gak mungkin mereka berkembang biak. Tahukan kawan? Lele tersebut sekarang ukurannya sudah dobel. Jadinya mungkin sebesar anak buaya ukuran panjang 30-40 cm. Anak2 semakin ngeri melihatnya.. karena dipikirnya ini buaya apa lele? Kok buaya ada patilnya? Hehehe.. Mana kalo musim hujan tiba, air kolam suka tumpah ruah, dan si lele pun suka jalan2 sampai pintu gerbang belakang. Kalo anak2 menjumpainya,mereka kembalikan ke kolam.
          Lele2 itu sekarang semakin tidak karuan makannya, kadang kalo gak dikasih bangkai ayam, ya bangkai tikus.. (ini sebenarnya buaya, piranha atau lele sih? kok makanannya jadi kayak gitu?) Hiii anak2 semakin tidak punya minat untuk memakannya. Anak2 sudah pasti stress kalo disuruh makan ikan tersebut, walaupun diberi gratis :-) .
          Waktu berlalu, kolam itu sekarang sudah lama tiada. Hanya menjadi kenangan. Anak2 angkatan lama pasti tahu sejarahnya bahwa di HM pernah ada kolam lele.. Cuma kenapa kolam lele itu dibongkar saya kurang tahu.. teman2 ada yang tahu kenapa..??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar